Akuntabilitas Kinerja Tahun 2024 Pemkab Melawi Mendapat Predikat Nilai “B”.

Akuntabilitas Kinerja Tahun 2024 Pemkab Melawi  Mendapat  Predikat Nilai “B”.


Meldanewsonline.id

Pemerintah Kabupaten Melawi berhasil meraih penghargaan dari Kementerian Aparatur dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Republik Indonesia atas Prestasi dalam Akuntabilitas Kinerja Tahun 2024 dengan Predikat Nilai “B”.

Piagam tersebut diserahkan langsung oleh Menteri PANRB RI, Abdullah Azwar Anas dan diterima oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, Drs. Paulus yang mewakili Bupati Melawi dalam SAKIP Award 2024 yang diselenggarakan di Jakarta, Rabu (02/10/2024)

Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Kementerian PANRB, Erwan Agus Purwanto menjelaskan terdapat 7 kategori berdasarkan efektifitas dan efisiensi penggunaan anggarannya. Kategori tersebut adalah AA, A, BB, B, CC, C, dan D.

“Tahun ini ada 36 Provinsi dan 506 Kabupaten/Kota yang dievaluasi oleh KemenPANRB, dan dari hasil tersebut terdapat 34 provinsi dan 433 Kabupaten/Kota telah mengimplementasikan SAKIP dengan predikat minimal baik”, jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas dalam sambutannya di acara tersebut mengatakan SAKIP Award merupakan bagian dari cara agar pemerintah daerah mendorong kinerjanya lebih berdampak. Sehingga seluruh perencanaan anggarannya, bukan ukurannya seberapa banyak anggaran yang mereka miliki, tetapi seberapa besar dampak dari setiap penganggaran yang dibuat.

“Saat ini kita tengah mendorong agar kinerja pemerintah pusat bisa sejalan dengan pemerintah daerah. KemenPAN-RB sedang menyelesaikan Perpres terkait dengan SAKP, yaitu Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah. Hal ini dilakukan agar indikator target pembangunan nasional dan presiden bisa tercapai”, terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Melawi, Drs. Paulus dalam keterangannya menyampaikan rasa syukurnya karena Pemerintah Kabupaten Melawi berhasil meraih Predikat Baik dalam Akuntabilitas Kinerja Tahun 2024 ini.

“Keberhasilan Pemkab Melawi untuk mendapatkan SAKIP dengan predikat B merupakan kerja keras dan sinergi semua pihak seluruh SKPD lingkup Pemkab Melawi, dan yang paling pasti adalah komitmen seluruh jajaran untuk mencapai SAKIP yang baik. Tentunya kita akan terus evaluasi apa yang masih kurang dan yang baik tentu akan tetap kita pertahankan, sehingga diharapkan pada SAKIP Award 2025 kita bisa naik peringkat yang lebih baik lagi”, tutupnya.

Sumber isi berita dan Fhoto : (PROKOPIM/Fariz)

Berita ini telah tayang di :MELAWINEWS. COM


Posting Komentar

0 Komentar