Promosi dan Diseminasi Indikasi Geografis, Kotawaringin Barat Unggulkan Durian Guntur Bumi

Meldanewsonline.id-
Palangka Raya - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah melaksanakan kegiatan Promosi dan Diseminasi Indikasi Geografis sekaligus penandatanganan komitmen bersama pendaftaran dan perlindungan Indikasi Geografis. Kamis (22/02/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh Pimpinan Kabupaten/Kota di wilayah Kalteng. Tidak terkecuali Kabupaten Kotawaringin Barat (Pangkalan Bun) turut serta menghadiri Pembukaan Kegiatan Promosi dan Diseminasi Indikasi Geografis yang dilaksanakan di Hotel Luwansa Kota Palangka Raya.
Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Kobar, Ir. Joni Gultom turut hadir langsung dalam kegiatan tersebut. Dirinya mengatakan bahwa Pangkalan Bun yang memiliki beberapa produk unggulannya beberapa di antaranya adalah buah durian Guntur Bumi dan buah alpukat khas Pangkalan Bun.

“ Buah durian yang diberi nama Guntur Bumi merupakan buah durian yang tumbuh di atas bukit dan dibudidayakan di wilayah Arut Utara, untuk alpukat khas Kobar  tumbuh di kawasan Pantai Kumai. Adapula kopi yang dibudidayakan oleh masyarakat di Pangkalan Bun,” jelasnya.

Lebih lanjut, Gultom berharap dengan adanya kegiatan penting ini kedepannya dapat membangkitkan ekonomi kreatif di kabupaten Pangkalan Bun. “ Melalui potensi Indikasi Geografis ini nantinya akan lebih meningkatkan ciri khas dari Pangkalan Bun, baik itu berbagai varietas tanaman unggul dan kekayaan hasil bumi seperti batu-batuan berharga yang menjadi ciri khas dari Pangkalan Bun,”pungkasnya mengakhiri.

Posting Komentar

0 Komentar