Dinas Perkebunan Kalimantan Tengah Gelar Seminar Potensi Pengembangan Industri dan Budidaya Kakao



Palangka Raya -www.meldanewsonline.id- Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Tengah menggelar acara Seminar Potensi Pengembangan Industri dan Budidaya Kakao di Provinsi Kalimantan Tengah, seminar ini bertempat di Aula Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Tengah. Selasa (27/02/2024). 


Mewakili Gubernur Kalimantan Tengah Asisten II Setda Provinsi Kalimantan Tengah Sri Wardani

hadir di acara pembukaan seminar Potensi Pengembangan Industri Dan Budidaya Kakao bersama Kepala Dinas Perkebunan Kalteng Rizky Bajuri dan kepala Dinas Perkebunan dari Kabupaten Gunung Mas, Barito Timur, serta Kabupaten Katingan. 


Membacakan sambutan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Asisten perekonomian dan pembangunan Setda provinsi Kalimantan Tengah Sri Widanarni mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sangat mengapresiasi dengan adanya seminar ini, yang mana diharapkan dapat menjadi langkah penting untuk menggerakan potensi ekonomi daerah melalui sektor komoditas kakao dan coklat. 


Sri juga mengatakan saat ini tren pasar global untuk permintaan kakao meningkat secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, namun sebaliknya produksi Kakao dalam negeri mengalami penurunan dengan berbagai faktor penyebab yang berbeda. 


“kondisi ini tentunya dapat dianggap sebagai peluang yang sangat bagus bagi pengembangan kakao di Provinsi Kalimantan Tengah, oleh sebab itu diperlukan upaya bersama dan sinergi dari berbagai pihak, “ucapnya.


Lebih lanjut dikatakannya bahwa pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah masih memiliki pekerjaan rumah yang besar baik dari segi transfer pengetahuan serta pengembangan ekonomi. Yakni untuk memastikan petani kakao mampu menghasilkan Kakao berkualitas, ketersedian pasar, faktor logistik, serta tentu saja komitmen dari Pemerintah Daerah. 


“hanya dengan bergandengan tangan kita bisa menciptakan masa depan lebih cerah bagi industri kakao di Indonesia terutama memberi manfaat bagi kesejahteraan masyarakat Kalimantan Tengah, “pungkasnya.

Posting Komentar

0 Komentar