PWKS : Pabrik CPO Diduga Buang Limbah Pabrik Ke Sungai Kapuas .

PWKS : Pabrik CPO Diduga Buang Limbah Pabrik Ke Sungai Kapuas .



Sanggau - Meldanewsonline.id
Persatuan Wartawan Kabupaten Sanggau ( PWKS ) belum lama ini menerima informasi yang disampaikan oleh beberapa orang warga disekitar lokasi pabrik , adanya dugaan pabrik Crude Palm Oil ( CPO ) yang lokasi pabrik tidak jauh dari sungai kapuas diduga telah membuang limbah pabriknya ke Sungai Kapuas.
Wawan Daly Suwandi Ketua Persatuan Wartawan Kabupaten Sanggau  mengatakan adanya dugaan pabrik CPO membuang limbahnya ke Sungai Kapuas , hal ini sudah cukup lama di dengarnya.

Dikarenakan adanya keluhan warga di daerah aliran sungai kapuas, seperti di Penyeladi, Sungai Bongkok, Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau  Kalbar, mengeluhkan gatal-gatal setelah mandi di sungai. hal ini sudah berlangsung cukup lama, apalagi saat ini curah hujan cukup tinggi, kemungkinan kolam limbahnya meluap karena tidak mampu menampung air hujan.

Sehingga besar kemungkinan adanya pembuangan limbah industri pabrik yang dibuang dan dialirkan ke sungai kapuas.

Selain itu menurut Wawan Daly Suwandi ,Persatuan Wartawan Kabupaten Sanggau ( PWKS ) juga meminta kepada instansi terkait terutama  seperti Dinas Lingkungan Hidup dan  Kementerian Pertanian untuk meninjau ulang  Sistem Sertifikasi Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) serta kepada pihak Aparat Penegak Hukum ( APH )   meninjau ke lokasi kolam limbah pabrik pengolahan CPO  yang diduga adanya pencemaran lingkungan oleh limbah pabrik .( M.Tasya )

Posting Komentar

0 Komentar