Penanaman Kebun Bibit Rakyat(KBR) di Laksanakan Bupati Melawi

Bupati Melawi Saat Lakukan Penanaman Kebun Bibit Rakyat(KBR) di Desa Mandau Baru 


MELDANEWSONLINE.ID
Kelompok Tani P3A Mandau Jaya Desa Mandau Baru Kecamatan Pinoh Selatan Kabupaten Melawi Lakukan Pembagian dan tanam perdana bibit bantuan program Kebun Bibit Rakyat ( KBR ) Program KBR tersebut merupakan salah satu dari kebijakan Pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Direktorat Jenderal Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Kapuas Provinsi Kalimantan Barat Kegiatan tersebut  dilaksanakan pada hari minggu 17 Desember 2023 di Desa Mandau Baru Kecamatan Pinoh Selatan Kabupaten Melawi.

Ketua Kelompok Tani Alamsyah mengatakan Kebun Bibit Rakyat (KBR) merupakan program pemerintah untuk menyediakan bibit tanaman hutan dan jenis tanaman serbaguna  yang dilaksanakan secara swakelola oleh kelompok masyarakat di pedesaan. Program ini berfungsi sebagai upaya pemulihan lahan kritis, juga membantu perekonomian masyarakat dan beberapa anggota Kelompok P3A Mandau Jaya Desa Mandau Baru Kecamatan Pinoh Selatan Kabupaten Melawi.

Alamsyah mengatakan Kebun Bibit Rakyat tersebut merupakan bantuan dari KLHK Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Kapuas Kalimantan Barat kepada 20 orang anggota kelompok di desa itu, mereka menanam sebanyak 34219 pokok bibit  diantaranya ada Pinang bintara, jengkol, dan petai yang akan ditanam di lahan-lahan kritis seluas 25 hektar milik masyarakat.

Menurut dia, saat ini lahan milik masyarakat, terutama milik kelompok tani banyak yang belum ditanami. Sehingga, lahan-lahan tersebut kurang dimanfaatkan secara maksimal.

Alhamdulillah, kelompok kami yang menjadi salah satu yang terpilih dan mendapat bantuan dana sebesar Rp.100 juta untuk program rehabilitasi,” ucap  Alamsyah.

Ketua Kelompok tani P3A Mandau jaya desa' Mandau baru kecamatan pinoh selatan kabupaten Melawi provinsi Kalimantan Barat banjak terimakasih atas ada kegiatan kebun bibit rakyat KBR kepada kementerian kehutanan BPDAS perovinsi Kalimantan Barat KPH kabupaten Melawi dinas pertanian kabupaten Melawi Bupati Melawi H. Dadi Sunarya Usfa Yusra Sp.d   agota DPRD provinsi Kalimantan Barat pak RITAUDIN.SE. AAP Abdulrahman ketua Pemuda Pancasila.

Dengan ada nya kegiatan simbolis menanam bibit petai jengkol pinang betara pinang lokal maka degan ada nya kegiatan KBR ini masryakat kelompok tani akan meneruskan menanam sehingga bisa menghijau kan hutan dan hasil buah nya nanti bisa meningkatkan kualitas hidup ekonomi masyarakat dan hutan lasari masryakat sajahtra jelasnya. 

Alamsyah menyampaikan terimakasih atas kehadiran Bupati Melawi H.Dadi Sunarya Usfa Yursa S.Pd,  kegiatan tersebut, didampingi UPT KPH Kabupaten Melawi  Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Melawi Syaiful Khair, S.Sos.M.Si, PLT Kadis PUPR Kabupaten Melawi,Tusep Eka Burang,ST.M.A.P, Kepala Dinas DPMD Hasanuddin, SH, Anggota DPRD Provinsi Kalbar Ritaudin SE, Kepala Desa Mandau Baru Susno S.Pd, Ketua Ketua Pemuda Pancasila(PP) Melawi Muhammad Abdurahman.

Kepala Desa Mandau Baru Kusno  mengucapkan banyak terimakasih atas kehadiran Bupati Melawi H.Dadi Sunarya Usfa Yursa S.Pd bersama rombongan yang telah berkenang hadir di tempat kami ini kususnya di Desa Mandau baru dalam rangka acara pembagian bibit untuk anggota tani.

Kepala Desa Susno berpesan kepada para kelompok tani yang mendapat pembagian bibit nanti agar betul betul di pungsikan dan di tanam dengan baik serta di pelihara, agar nantinya bisa menunjang pekenomian harapnya.(Jumain)




Posting Komentar

0 Komentar