Keistimewaan YogyakartaOleh : Mas Andre Hariyanto, CPS, CMST, CF.NLP, CLMA, CT, CT.ALC

Keistimewaan Yogyakarta
Oleh : Mas Andre Hariyanto, CPS, CMST, CF.NLP, CLMA, CT, CT.ALC
Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan Profesi Dewan Pimpinan Persatuan Wartawan Republik Indonesia Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DPD PWRI DIY)

Yogyakarta atau akrab dikenal Jogja memang pantas menyandang gelar Istimewa, ketika di provinsi lain dipimpin oleh seorang gubernur, sedangkan di Yogyakarta di pimpin oleh seorang Sultan. Dan Provinsi Daearah Yogyakarta (D.I Yogyakarta memiliki 4 Kabupaten/Kota terdiri dari: Kota Yogyakarta, Kab. Sleman, Kab. Bantul, Kab. Gunungkidul, Kab. Kulon Progo.
Keistimewaan Yogyakarta sendiri sudah meracuni pelajar, wisatawan, bahkan seniman. Dan setiap orang yang pernah menginjakkan kaki di Yogyakarta pasti ingin datang lagi. Ada seorang penyair legendaris Indonesia, Joko Pinurbo mengatakan, Yogyakarta terbuat dari rindu, pulang, dan angkringan. Yang maknanya adalah, setiap orang yang pernah datang ke jogja pasti akan rindu Jogja, sehingga akan kembali pulang ke Jogja walau hanya sekedar makan di Angkringan dan Warmindo.

Di Jogja memang sangat kental dengan budaya dan adat istiadat. Unggah ungguh dalam berbicara, dan berperilaku sangat diutamakan. Jogja juga memiliki julukan sebagai kota pelajar. Di kota ini berdiri sekitar 137 perguruan tinggi. Baik universitas, politeknik maupun sekolah tinggi. Dan salah satu perguruan tinggi negeri yang menjadi ikonik kota ini adalah Universitas Gadjah Mada (UGM). Alasan lain kota ini dijuluki sebagai kota pelajar karena Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hadjar Dewantara, mendirikan perguruan Taman Siswa pertama. Sehingga sampai saat ini, kota ini menjadi tujuan pelajar dari berbagai kota di Indonesia untuk menimba ilmu. Tidak heran jika di Jogja banyak sekali anak rantau.
Selain kota pelajar, Yogyakarta dijuluki sebagai kota budaya dan menjadi tujuan wisata. Budaya yang masih ada dan dilestarikan oleh masyarakat jogja, salah satunya adalah Grebeg Maulud atau Sekaten yang rutin diadakan setiap tahunnya. Acara Sekaten ini juga menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Memang acara sekaten ini hanyalah seperti pasar malam. Namun, dalam Sekaten ini, kita dapat menjumpai berbagai stand kuliner dari Jogja dan tentunya dengan harga yang murah. 

Wisata alam baik itu berupa pantai, goa, ataupun air terjun, banyak dijumpai di kota ini. Seperti Gunung Kidul yang menyajikan deretan pantai dengan hamparan pasir putihnya, serta bisa menikmati keindahan matahari terbenam di sore hari. Di Gunung Kidul pula terdapat wisata alam berupa goa, seperti goa pindul. Tak kalah menarik wisatawan adalah pantai parang tritis dan pantai depok yang terletak di kabupaten Bantul. Dan berbagai wisata alam seperti air tejun dan hamparan kebunteh di kabupaten Kulon Progo. Tak hanya itu, di kabupaten Sleman kita disuguhi wisata candi Prambanan yang merupakan peninggalan sejarah. Di setiap tempat wisata yang ada, kita kan menjumpai berbagai kuliner yang bisa dijadikan oleh oleh.

Jika berkunjung ke kota Yogyakarta, setiap sudut dari kota ini adalah warung kuliner yang menjajakan beragam kuliner dengan harga yang sangat terjangkau. Meskipun harganya terjangkau, namun rasanya seperti makanan di restoran bintang 5. 

Termasuk semisal anda ingin mencari Lembaga pendidikan dan pelatihan yang bertempat di Kota Gudek Yogyakarta menjadi pilihan tepat bersama AR Learning Center dibawah naungan Yayasan Pusat Pembelajaran Nusantara D.I. Yogyakarra sebagai jasa penyedia pelatihan diberbagai uji kompetensi terpercaya dan dirasakan banyak masyarakat Indonesia dan untuk wilayah D.I Yogyakarta menjadi saksi lembaga ini berkembang pesat.

Tidak hanya itu saja, Yogyakarta sejak dulu melahirkan generasi yang sukses dalam bidangnya dan di Yogyakarta sebagai pusatnya Pendidikan sekaligus Wisata. Apakah Jogja layak menjadi tempat rekomendasi baik tempat menuntut ilmu ataupun berlibur ? Dan masa tua? Silakan rasakan keistimewaan Yogyakarta.

Posting Komentar

0 Komentar