Camat Nanga Pinoh Resmi Buka Pelatihan Program Ketahanan Pangan Desa Tembawang Panjang.

Camat Nanga Pinoh Resmi Buka Pelatihan Program Ketahanan Pangan Desa Tembawang Panjang. 


Melawi-Meldanewsonline.id

Pelatihan Petani Program Ketahanan Pangan Desa Tembawang Panjang dilaksanakan di saung tani Dusun Teluk Batu pada hari Kamis 16 November 2023

Kepala Desa Tembawang Panjang Saimin menyampaikan dalam sambutannnya mengucapkan terimakasih atas dukungan serta semangat dari masyarakat terkait dengan kegiatan ketahanan pangan yang ada di desanya. 


Pembukaan Pelatihan tersebut dihadiri Camat Nanga Pinoh Ketua Tim Penggerak PKK Nanga Pinoh Babin Kamtibmas,Babinsa dan Pendamping Desa.


Saimin menyampaikan Program Ketahanan Pangan yang sumber dananya 20 persen dari Dana Desa di prioritaskan untuk kegiatan Pelatihan dan pembukaan lahan beliau (red) mengatakan bahwa kalau desanya mempasilitasi lahan seluas 90.000 meter persegi/9 ha lahan untuk beberapa jenis tanaman mulai dari jenis sayur mayur sampai tanaman buah buahan dan lain sebagainya.


Beliau juga menyampaikan keluhan kendala yang pertama petani belum memiliki pengalaman serta ilmu dibidang bertani dan keluhan berikutnya adalah sulitnya untuk memperoleh pupuk. Maka dari itu kami sangat berharap kalau petani dapat dukungan dari pemerintah secara penuh tutupnya. 


Dalam sambutannnya Camat Nanga Pinoh Hendra Permana, S. IP.  menyampaikan apreseasinya kepada Pemerintah desa dan seluruh peserta yang hadir dalam acara pelatihan ketahanan pangan tersebut. 

Ketahanan pangan desa adalah kemampuan suatu desa atau komunitas desa untuk memenuhi kebutuhan pangan penduduknya secara mandiri dan berkelanjutan, dengan memperhatikan ketersediaan, keterjangkauan, kualitas, serta nilai gizi dari pangan yang dihasilkan. Hal ini mencakup produksi, distribusi, dan konsumsi pangan yang berkelanjutan, serta upaya-upaya untuk membangun kemandirian dan kedaulatan pangan di tingkat lokal.


Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi ketahanan pangan desa antara lain kondisi iklim, ketersediaan air, keberadaan sumber daya alam, akses terhadap teknologi pertanian yang modern, serta faktor sosial dan ekonomi seperti kemiskinan, akses terhadap modal, dan pendidikan.


Untuk meningkatkan ketahanan pangan desa, beberapa langkah yang dapat dilakukan antara lain:


Meningkatkan produksi pangan melalui pengembangan teknologi pertanian yang sesuai dengan kondisi lokal dan pendidikan petani


Meningkatkan akses terhadap pasar melalui pengembangan infrastruktur dan jaringan distribusi yang memadai


Meningkatkan akses terhadap modal dan pembiayaan untuk meningkatkan kapasitas produksi dan memperbaiki infrastruktur pertanian


Mendorong pengembangan usaha kecil dan menengah di bidang pertanian untuk meningkatkan nilai tambah dan menciptakan lapangan kerja


Meningkatkan pendidikan dan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya ketahanan pangan dan praktik pertanian yang berkelanjutan tutupnya. ( Jumain )


Posting Komentar

0 Komentar