SIUJANG Gatrik Maju sebagai Finalis Top Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2023

  KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL


  • KEMENTERIAN ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL

REPUBLIK INDONESIA

SIARAN PERS

NOMOR: 278.Pers/04/SJI/2023

Tanggal: 26 Juni 2023

SIUJANG Gatrik Maju sebagai Finalis Top Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2023


Sistem Informasi Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik (SIUJANG Gatrik) berhasil masuk ke dalam jajaran Finalis Top Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2023. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menyampaikan, inovasi SIUJANG Gatrik berhasil mempermudah masyarakat dalam proses penyambungan tenaga listrik. Ia menyebut SIUJANG Gatrik telah mampu mempertemukan pemilik instalasi, kontraktor listrik, lembaga sertifikasi, dan PT PLN (Persero) dalam proses penyambungan listrik.

"Dengan kemudahan yang diberikan oleh layanan SIUJANG Gatrik, terdapat tiga platform aplikasi digital, yaitu PLN Mobile, ListrikOne, dan Voltara dan sudah terintegrasi dengan SIUJANG Gatrik," ujar Arifin pada Presentasi dan Wawancara Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2023, Senin (26/6).

Ia mengatakan sejak SIUJANG Gatrik diterapkan, terjadi peningkatan pertumbuhan kontraktor listrik serta mempermudah masyarakat dalam mendapatkan instalatir listrik berizin yang terdekat dengan domisilinya.

"Pertumbuhan instalatir listrik secara langsung berimbas pada peningkatan tenaga kerja dan berpengaruh pada pertumbuhan PDB Ketenagalistrikan, yaitu sebesar 7,06% pada tahun 2022, meningkat dari PDB Ketenagalistrikan tahun 2021 sebesar 5,61%," ia menjelaskan.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Jisman P. Hutajulu mengatakan bahwa inovasi yang diangkat dalam KIPP 2023 adalah Penciptaan Ekosistem Digital untuk Peningkatan dan Percepatan Layanan Pemasangan Listrik melalui SIUJANG GATRIK.

Jisman menyampaikan dengan terintegrasinya SIUJANG GATRIK dengan layanan onestop service, saat ini telah terbentuk ekosistem digital layanan penyambungan listrik yang memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk melakukan penyambungan listrik.

Jisman juga mengungkap adanya potensi peningkatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dari sistem informasi tersebut. Ia merinci saat ini terdapat 118.511 pengguna aktif SIUJANG Gatrik, yang terdiri dari 16.982 akun badan usaha, 78.778 akun masyarakat umum, 22.751 akun tenaga teknik.

"Pada tahun 2023, SIUJANG telah terintegrasi dengan Sistem Informasi PNBP Online (SIMPONI) Kementerian Keuangan, sehingga verifikasi pembayaran PNBP dapat dilakukan secara otomatis, tidak lagi dilakukan secara manual," ujar Jisman di hadapan para Tim Panel Independen KIPP secara daring.

SIUJANG Gatrik diluncurkan pada November 2019 yang mengintegrasikan tiga layanan sertifikasi ketenagalistrikan, yaitu sertifikasi badan usaha, sertifikasi kompetensi dan sertifikasi laik operasi. Jisman menambahkan perbaikan dan pengembangan akan terus dilakukan pada SIUJANG Gatrik.

"Ke depan, SI UJANG akan terus dikembangkan di antaranya melalui penerapan Mojang (Mobile SIUJANG) Gatrik, Digitalisasi Penilaian Badan Usaha, Fitur Layanan Akreditasi Ketenagalistrikan, dan Pengembangan Platform GIS dalam menampilkan koordinat instalasi," Jisman menyampaikan.

Seperti diketahui, KIPP merupakan kompetisi inovasi tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Tahun ini, Kementerian PAN-RB menerima sebanyak 3.110 proposal yang terdaftar pada portal SINOVIK (Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik). Dari jumlah tersebut, terdapat dua inovasi dari Kementerian ESDM yang masuk menjadi Finalis Top Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2023, yakni SIUJANG Gatrik dan MAGMA Indonesia. Presentasi dan Wawancara yang dilaksanakan ini merupakan bagian dari proses seleksi guna mendapatkan Top Inovasi Terpuji pada KIPP 2023. (AMH)

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama

Agung Pribadi (08112213555)

Posting Komentar

0 Komentar