Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Melawi Pantau Lahan Perkebunan Sawit PT RKA Yang Terbakar

Meldanewsonline.id-Melawi Kalbar, Kebakaran lahan area perkebunan kelapa sawit milik PT Rafi Kamajaya Abadi (RKA)/PT.IKHASAS di wilayah Dusun Tempurau, Desa Batu Buil Kecamatan Belimbing, yang mengalami kebakaran lahan pada Minggu (16/4) malam yang lalu menyisakan sisa sisa gosong akibat di lahap si jago merah. 

Melansir pemberitaan Melawi DNID Kalbar-Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Melawi, Syaiful Khair bersama sekretaris dinas, Yusuf Afandi serta didampingi para staf bidang perkebunan memantau lahan area perkebunan kelapa sawit milik PT Rafi Kamajaya Abadi (RKA) di wilayah Dusun Tempurau, Desa Batu Buil Kecamatan Belimbing, yang mengalami kebakaran lahan pada Minggu (16/4) malam yang lalu.


Kebakaran lahan yang sudah diantisipasi sebelumnya ini dapat dipadamkan secara cepat dengan menggunakan watercanon , alat berat, dan mesin robin.


Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Melawi, Syaiful Khair menyampaikan agar setiap  perusahaan harus bersama-sama mengantisipasi kebakaran lahan," ungkapnya, Rabu (19/04), saat ditemui DNID media  saat meninjau lahan perkebunan PT RKA.


Karena itu, menurut Syaiful, perusahaan perkebunan di Melawi untuk selalu mewaspadai terjadinya kebakaran hutan dan lahan. 

Upaya pencegahan ini dapat dilakukan dengan mempersiapkan fasilitas yang memadai seperti menyiapkan menara api, regu pemadaman kebakaran, pompa dan kendaraan khusus pembawa air.


Syaiful sendiri menyebutkan sudah menyurati perusahaan-perusahaan perkebunan yang ada di Melawi untuk melakukan antisipasi mencegah terjadinya kebakaran. "Mencegah terjadinya kebakaran lebih mudah ketimbang memadamkan lahan yang sudah terbakar," ungkapnya.


"Kita harus upayakan agar kebakaran lahan tak lagi terjadi. Maka perlu kesepahaman semua pihak. Tidak hanya perusahaan, tapi juga masyarakat. Karena kebakaran lahan dan hutan merugikan kita semua," pesannya.

Berdasarkan Keterangan tersebut belum diketahui berapa luas areal yang terbakan dan berapa kerugian pihak perusahaan 

Sampai saat ini kami belum mendapatkan keterangan resmi dari pihak managemen perusahaan.

Sumber:Melawi DNID.Co.Id

Editor   :Jumain 

Publis   :Jumain 

Posting Komentar

0 Komentar