Rehablitasi Hutan dan Lahan ( RHL) Adalah Upaya Pemulihan Lahan Kritis

Meldanewsonline.id -- Melawi Kalbar, Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) menjadi salah satu strategi prioritas pemerintah Indonesia dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 untuk membangun lingkungan hidup serta meningkatkan ketahanan bencana dan perubahan iklim.

RHL Merupakan Salah Satu Upaya Pemulihan Lingkungan dan Ciptakan Lapangan Kerja Bagi Masyarakat.

Tujuan akhir program ini adalah tetap terjaganya daya dukung, produktifitas serta peranan hutan dan lahan dalam mendukung sistem penyangga kehidupan.

Kali ini kami berada di Desa Nanga Kempangai Kecamatan Ella Hilir Kabupaten Melawi untuk melihat dari pada program RHL tersebut.

"Ketika kami mencari tahu segera kami menghampiri areal tersebut ternyata areal tersebut ada kegiatan yaitu program RHL ( Rehablitasi Hutan dan Lahan) yang dikelola oleh kelompok tani mandiri sejahtera tera Desa Nanga Kempangai Kecamatan Ella Hilir.

Kegiatan tersebut merupakan Program Rehablitasi Hutan dan Lahan Melalui  Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Direktorat Jendral Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan (Balai Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Kapuas) dengan secara swakelola langsung oleh kelompok seluas 100 Ha sedangkan jenis bibit yang di tanam merupakan bibit jengkol dan Petai.

Jika kita lihat dari tujuan program RHL tersebut sangat baik apa lagi daerah tersebut adalah daerah resapan air

"Saat kami bertanya.., Ketua Kelompok tani Kristianus Jiman" menjelaskan bahwa saya beserta anggota kelompok sangat menyambut baik atas program Pemerintah dan kami akan berupaya melaksanakan amanah ini mulai dari pembibitan penanaman serta pemeliharaan toh hasilnya nanti juga untuk kami selain hasil banyak manfaatnya nanti yang akan di serahkan oleh masyarakat luas misalnya pulihnya oksigen serta mencegah dari bahaya banjir dan tanah longsor ucapnya.

Lagi pula dengan adanya program tersebut kelompok masyarakat merasakan sangat terbantu dengan terciptanya lapangan kerja sehingga dalam suasana pasca covid-19 mereka terbantu oleh kegiatan tersebu.(Jumain)

Posting Komentar

0 Komentar