Kabupaten Melawi: Sampah Dibalik Menjijikkan Namun Mendatangkan Berkah.

     Fhoto: Saat Warga Mensortir Sampah

Meldanewonline.id-Melawi Kalbar, Sampah sering dianggap kotor, tidak terawat, dan sangat menjijikkan. Namun, siapa sangka bahwa sesuatu yang tidak berharga ini bisa diubah menjadi uang! Bagaimana sampah dijadikan uang? Tahukah Anda bahwa sampah yang kita hasilkan dapat didaur ulang untuk membuat barang-barang yang dapat digunakan itu dapat dijual untuk mendapatkan uang.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang peluang bisnis dari sampah terutama sampah plastik.

Saat awak media melintasi sebuah pemukiman di Dusun Sungai Putih Desa Tanjung Tengang Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi terlihat kesibukan aktipitas warga yang lagi membersihkan sampah plastik terutama botol kemasan air mineral yang dikelola oleh seorang warga selaku pengepul di Desa tersebut. Selain botol kemasan mereka juga menampung sampah plastik dan kardus serta kertas buku bekas yang sudah tidak di gunakan.

Kegiatan tersebut dilakukan selain afa nilai ekonomisnya juga bisa menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar misalnya seperti pemulung,dan pekerja lainnya seperti melakukan pensortiran serta pembersihan.

Salah seorang warga setempat yang namanya enggan di publikasikan bahwa awal mulanya beliau merasa enggan untuk melakukan pekerjaan tersebut dikarenakan jika kita lihat ini adalah pekerjaan yang menjijikkan. Namun setelah saya mencoba ternyata yang sebelumnya saya anggap menjijikkan mendatangkan berkah bagi kami kenapa tidak, dari hasil memulung sampah dalam satu minggu saya bisa mendapatkan 1.sampai 1,3 juta lumayan untuk penghasilan tambahan apa lagi saat ini harga karet lagi anlok ucapnya kepada awak media.

Dirinya dan kawan kawan sebagai warga sekitar  TPA berharap kepada dinas Kebersihan dan lingkungan hidup Kabupaten Melawi mohon kiranya agar mengadakan pengadaan mesin pengolahan sampah yang tepat guna selain upaya untuk mengurangi sampah di TPA juga untuk menciptakan lapangan pekerjaan bagi warga sekitar.

Pengelola sampah bertujuan untuk mendaur ulang sampah, sehingga dapat memproduksinya kembali. Pelestarian dan kebersihan lingkungan, biar bagaimanapun adalah tujuan utama dari industri pengelolaan limbah. Sampah plastik itu sendiri bisa dikatakan sebagai sampah yang ulang sulit untuk dimusnahkan. Hal ini karena butuh waktu ratusan tahun untuk menghilangkan sampah plastik ini tutupnya.

Penulis/Pulikasi : Jumain

Posting Komentar

0 Komentar