Desa Baru Kecamatan Nanga Pinoh Memiliki TPS-3R Berpeluang Menciptakan Lapangan Kerja Bagi Warga Sekitar

Meldanewsonline.id -Nanga Pinoh.
Berbincang dengan Ketua Kelompok Swadaya Masyarakat ( KSM) TPS-3R bapak Yusni Hendri tentang keberadaan TPS-3R beliau (red) menyampaikan bahwa TPS-3R adalah sistem pengolahan sampah dengan inovasi teknologi mesin pencacah sampah dan pengayak kompos yang lebih efektif dan efesien. Hasil pengolahan sampah organik berupa kompos digunakan untuk pupuk tanaman hias dan herbal yang ditanam dilahan sekitar TPS untuk dijual. Selain itu untuk meningkatkan kualitas hasil pengomposan akan diterapkan teknologi kompos cacing (kascing). Hasil pengolahan tanki biodigester berupa gas akan digunakan untuk suplai energi di warga sekitar TPS 3R.

Selain itu untuk memanfaatkan pasilitas tersebut kita akan bentuk sistim Bank sampah, Bank sampah itu memiliki beberapa manfaat bagi banyak orang dan juga lingkungan hidup, seperti membuat lingkungan lebih bersih, menyadarkan masyarakat akan pentingnya kebersihan, dan membuat sampah menjadi barang ekonomis jelasnya. 

Manfaat bank sampah untuk masyarakat adalah dapat menambah penghasilan masyarakat karena saat mereka menukarkan sampah mereka akan mendapatkan imbalan berupa uang yang dikumpulkan dalam rekening yang mereka miliki.

Masyarakat dapat sewaktu-waktu mengambil uang pada tabungannya saat tabungannya sudah terkumpul banyak. Imbalan yang diberikan kepada penabung tidak hanya berupa uang, tetapi ada pula yang berupa bahan makanan pokok seperti gula, sabun, minyak dan beras.

Tujuan utama bank sampah adalah untuk membantu menangani pengolahan sampah nantinya.Tujuan bank sampah selanjutnya adalah untuk menyadarkan masyarakat akan lingkungan yang sehat, rapi, dan bersih.Bank sampah juga didirikan untuk mengubah sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna dalam masyarakat, misalnya untuk kerajinan dan pupuk yang memiliki nilai ekonomis tutupnya.

Penulis : Jumain

Posting Komentar

0 Komentar