Inspektorat Kabupaten Luwu Gelar Sosialisasi Saber Pungli di Kecamatan Bajo Barat

Luwu - Meldanewsonline.id
Satgas Saber Pungli menggelar kegiatan sosialisasi Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) di Aula Kantor Kecamatan Bajo Barat, Kabupaten Luwu, (14/10).

Kepala Inspektorat Kabupaten Luwu, Ahmad Awwabin mengatakan, kegiatan sosialisasi Saber Pungli yang diadakan di Kecamatan Bajo Barat ini baru pertama kalinya.

"Kita berharap adanya kegiatan sosialisasi praktik pungli ini. Aperatur Sipil Negara (ASN) dan warga masyarakat mendapatkan pemahaman dalam pencegahannya." Ungkap Kepala Inspektur Ahmad Awwabin.
Sementara itu, Achmad Awwabin Inspektur, Inspektorat Luwu mengatakan, sosialisasi ini tidak hanya sampai di sini. Tim Saber pungli  dan unit pengendali gratifikasi akan melaksanakan sidak secara acak ke beberapa unit pelayanan publik.

Lebih lanjutnya ia mengatakan,  Kegiatan ini dilakukan untuk melihat secara langsung pelaksanaan pelayanan masyarakat. " Bagi para Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) agar senantiasa menjaga integritas dalam memberantas Pungli," tutur Awwabin.

Kendati demikian kegiatan ini sebagai bentuk  sinergitas dengan stakeholder lainnya untuk suksesnya pemberantasan Pungli,  " Laporkan jika terjadi gratifikasi pada admin pencegahan gratifikasi Inspektorat Kabupaten Luwu," tutup Awwabin dalam materinya.

Camat Bajo Barat, Hj. Rahmatia, mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang diadakan Satgas Saber pungli di wilayahnya. Pihaknya mengharapkan, kegiatan ini dapat dimanfaatkan para ASN sekaligus masyarakat dalam mencegah praktik Pungli. 

“Kami sangat senang dengan kehadiran Satgas Saber Pungli di wilayah kami. Kami juga terus berupaya agar desa - desa dan kelurahan kami bebas dari pungli.” ungkap Camat Bajo Barat, Hj Rahmatia.

Sementara, Wakapolres Luwu menambahkan, kegiatan sosialisasi ini akan terus menerus digelar sebagai bentuk pencegahan.
Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 87 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar, Tim Saber Pungli merupakan salah satu bagian kebijakan pemerintah dalam melaksanakan reformasi di bidang hukum sebagai bentuk upaya menciptakan pemerintahan yang bersih, jujur, dan adil guna mewujudkan penegakan hukum.

"Tujuan saber pungli dibentuk supaya kita tidak melakukan pungutan liar," tandasnya.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri Camat Bajo Barat, lurah Dan Kepala Desa Se kacamatan bajo barat, belopa, belopa utara, latimojong, bastem, bastem utara, bajo, Kabupaten Luwu.

Selain itu, Tim Saber Pungli dan Pengendalian Grafitasi menghadirkan beberapa narasumber, yakni Wakapolres Luwu, kasi intel kajari dan perwakilan kantor pertanahan luwu. (Isn/Luwu).

Posting Komentar

0 Komentar