150 Personel Anggota Polres Diturunkan Pengamanan Unjuk rasa di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Melawi.


Melawi  –  meldanewsonline.id 
Kepolisian Resor Melawi Polda Kalbar menggelar kegiatan simulasi pengamanan aksi unjuk rasa di Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Melawi yang terletak di Jalan Provinsi Kota Baru – Nanga Pinoh KM 4, Kamis (13/10/2022).

Simulasi pengamanan aksi unjuk rasa ini dilaksanakan dalam rangka mengecek sejauh mana kesiapan Polres Melawi dalam rangka pengamanan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Melawi pada tanggal 19 Oktober 2022 nanti.

Sebanyak 150 personel Polres Melawi, Polsek Belimbing dan Polsek Nanga Pinoh dilibatkan dalam simulasi ini, terdiri dari pleton negosiator, pleton Dalmas Awal dan Pleton Dalmas Lanjut.

Pada kegiatan simulasi ini, personel Polres Melawi juga menggunakan perlengkapan Dalmas Polri seperti tameng, helm dan tongkat serta satu unit kendaraan taktis AWC.

Kegiatan simulasi ini, dipimpin oleh Wakapolres Melawi Kompol Asmadi dan Kabag Ops Kompol Aang Permana serta dihadiri juga oleh Pejabat Utama Polres Melawi, perwira dan Bintara Polres Melawi. Kabid Pemdes DPMD Kabupaten Melawi Budiman dan jajarannya juga ikut menyaksikan kegiatan simulasi ini.

Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto melalui Wakapolres Melawi Kompol Asmadi menyampaikan kegiatan simulasi yang dilaksanakan oleh pihaknya tersebut untuk mengetahui sejauh mana kesiapan Polres Melawi dalam rangka memberikan pengamanan dan mengantisipasi situasi kamtibmas selama pelaksanaan Pilkades serentak pada bulan Oktober 2022 ini.

“Simulasi ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan dari masing-masing personel Polres Melawi jika terjadi situasi gangguan kamtibmas. Dengan adanya simulasi ini, kita sudah mengetahui tentang tugas dan tanggungjawab dari seluruh personel yang terlibat dalam rangkaian simulasi ini. Karena itu kita sudah sangat siap dalam menghadapi dan mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi kedepannya, semoga selama pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Melawi ini tetap berjalan dengan aman dan kondusif,” tutur Kompol Asmadi.

Sementara itu, Kabag Ops Kompol Aang Permana menjelaskan pihaknya dalam pelaksanaan Pilkades serentak ini menyiapkan sebanyak 277 personel. Terdiri dari 217 personel Polres Melawi, 30 personel Sabhara Polda Kalbar dan 30 personel BKO dari Brimob Polda Kalbar. Dan dibantu, 49 personel TNI dan 49 personel Sat Pol PP Kabupaten Melawi.

“Dengan kesiapan yang telah dilaksanakan ini, kami berharap Pilkades di Kabupaten Melawi ini berjalan dengan aman, lancar dan kondusif. Semua calon Kepala Desa memegang teguh deklarasi Pilkades damai yang sudah dilaksanakan beberapa hari yang lalu, kami berharap seluruh pihak mendukung pelaksanaan Pilkades serentak ini agar berjalan sebagaimana mestinya seperti yang terkandung dalam deklarasi damai itu,” tegasnya.

Masih ditempat yang sama, Kabid Pemdes DPMD Kabupaten Melawi Budiman menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan simulasi tersebut.

“Sebagai pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Melawi kami sangat berterima kasih atas kegiatan hari ini (simulasi). Kita berharap pelaksanaan pemilihan kepala desa hingga proses penetapannya nanti dapat berjalan dengan lancar, damai dan sejuk. Hindari gesekan yang dapat menimbulkan keributan, semoga seluruh Cakades dapat memberikan contoh yang baik kepada pendukungnya serta dapat menerima hasil pemilihan dengan baik tanpa membuat kegaduhan di Desa,” tuntasnya.

Penulis : Oktavianus

Artikel ini sudah tayang di Wartamelawi.com dengan judul 

Simulasi Pengamanan Unjuk Rasa di DPMD, Polres Melawi Pastikan Kesiapan Pengamanan Rangkaian Pilkades

Posting Komentar

0 Komentar