PT. Masmindo Dwi Area gelar Sosialisasi Jasa Pertambangan, guna fasilitasi Usaha Jasa Lokal.

Belopa Luwu – Meldanewsonline.id 
PT. Masmindo Dwi Area menggelar Sosialisasi Usaha Jasa Pertambangan di Cafe The Zoel Kecamatan Belopa, Rabu, 31 Agustus 2022.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Luwu, dan turut disaksikan oleh sejumlah pejabat Luwu yang juga hadir sebagai pengamat acara, diantaranya Inspektur Tambang Provinsi Sulawesi Selatan, Ketua DPRD Luwu, Kapolres Luwu, Pembina Akumandiri Luwu, Camat Bajo Barat, Camat Belopa, serta sejumlah media rekanan Masmindo.

Kegiatan ini bertujuan memfasilitasi badan usaha jasa lokal untuk mendapatkan pemahaman tentang mendayagunakan potensi usaha di Luwu. 

Kegiatan ini diikuti sedikitnya 30 lebih pelaku usaha lokal Luwu termasuk di dalamnya beberapa BUMDES  sekitar PT MDA. Mereka menerima materi dari narasumber yang berkompeten di bidangnya masing-masing.

Adapun narasumber dalam sosialisasi ini antara lain, pejabat Sub Direktorat Minerba Kementerian ESDM Jakarta, Kepala Dinas Penamaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP ) dan Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian ( DKUP) Kabupaten Luwu

Dalam kegiatan tersebut para pemateri menekan pentingnya spek legalitas atau perijinan suatu badan usaha. Karena perijinan tersebut menjadi syarat utama untuk menjaling kerja sama suatu Perusahaan.

Selain itu,  pemahaman bagi pelaku usaha  dalam tata kelola yang baik dalam meningkatkan kapasitas usaha seperti menjalin kemitraan dan sinergitasi serta ketentuan standar yang berlaku dalam suatu badan usaha. 

Kepala Teknik Tambang (KTT) PT MDA, Mustafa Ibrahim dalam kesempatannya mengungkapkan, kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi badan usaha dibidang jasa di Kabupaten Luwu untuk mendapatkan pemahaman tentang mendayagunakan potensi di sektor usaha masing-masing. 

”Kita melaksanakan kegiatan ini agar para pelaku usaha lokal di Luwu mendapatkan pemahaman tentang suatu lembaga usaha. Terutama agar usaha jasa yang diimplementasikan sesuai dengan standar yang berlaku di lingkungan kerja tambang,” ungkapnya. 

Selain itu, diharapkan bidang usaha jasa lokal di Luwu memiliki peran strategis dalam mendukung operasi tambang kedepannya. 

“Masmindo berharap pelaku usaha jasa-lokal Luwu memiliki peran yang strategis dan sekaligus kompetitif dalam mendukung operasi tambang kedepan," jelas Mustafa. 

Diketahui PT MDA saat ini tengah mempersiapkan diri untuk memasuki tahapan konstruksi dan operasi produksi. Tujuannya agar bernilai manfaat bagi warga masyarakat dan para pihak di sekitar perusahaan, termasuk potensi mengoptimalkan sejumlah usaha jasa pendukung pertambangan setempat. (Isn).

Posting Komentar

0 Komentar