Kesiapan Ops Lilin Kapuas 2018, Polres Melawi Gelar Rakor Linsek"


Www.meldanewsonline. Com Polda Kalbar – Polres Melawi, Kesiapan jelang perayaan hari raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 terus dilaksanakan.Sebelum melaksanakan Operasi Kepolisian Terpusat Polres Melawi terlebih dahulu menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral dalam rangka “Operasi Lilin Kapuas 2018” dengan mengundang para tokoh, aparat keamanan dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Aula Tribrata Mapolres Melawi, Rabu (19/12/2018) pagi.

 “Kegiatan ini untuk memastikan Operasi Lilin Kapuas 2018 dapat berjalan dengan baik, artinya kita koordinasikan apa yang kita lakukan memastikan bukan hanya keamanan namun juga kenyamanan masyarakat,” kata Kapolres Melawi AKBP Ahmad Fadlin, S.I.K., M. Si membuka acara Rakor Linsek tersebut. “Dalam Operasi Lilin Kapuas 2018, Pihaknya sudah menyiapkan rencana pengamanan yang disinergikan dengan rekan-rekan TNI bersama komponen masyarakat lain, khususnya pada obyek-obyek vital seperti gereja dan tempat wisata untuk mengantisipasi terjadinya ancaman teror,” ungkapnya. 

Lanjut Kapolres, dalam pengamanan bukan semata tugas Polri dan TNI saja akan tetapi juga merupakan tugas kita dan tanggung jawab kt semua, dimana aparatur negara memastikan keamanan hari besar dan agenda Nasional, jelasnya. “Sinergitas semua Instansi adalah kunci suksesnya Operasi Lilin Kapuas 2018 ini, agar dalam perayaan hari raya natal 2018 dan tahun baru 2019 dapat berjalan dengan aman, lancar dan kondusif, tegasnya. Kapolres Menambahkan,untuk mengantisipasi bencana alam seperti tanah longsor dan sebagainya. 

Kita perlu menyiapkan satu unit alat berat untuk disiagakan sewaktu dibutuhkan tidak menunggu – nunggu lagi memberikan bantuan kemanusian. Agar Kabag Ops berkoordinasi dengan pemda agar bersedia menyiapkannya, jika terjadi bencana alam seperti tanah longsor dan sebagainya cepat tertangani, katanya. “Datakan berapa gereja dinamis dan statis, siapkan pam statis dan dinamisnya. Petakan Potensi ancaman gereja, Kapal air tolong diperhatikan muatan yang dibawa jangan memenuhi kapasitasnya, laksanakan patroli di tempat - tempat yang berpotensi terjadinya asusila dan tindak kejahatan, pesannya. 

 Pada kesempatan tersebut juga Kabag Ops AKP Sofyan menyampaikan kesiapan personel Polres Melawi sudah 100% untuk mengisi pos – pos yang ada, diharapkan kepada para Padal (Perwira Pengendali) Pospam, Pos Terpadu dan Posyan harus mampu menjabarkan tugas pokok dan fungsi yang menjadi tanggung jawab anggotanya, terutama tugas lapangan yang membutuhkan dedikasi tingkat tinggi,” paparnya. Lanjutnya, satu hal yang perlu ditekankan operasi ini harus bersifat kemanusiaan yang menonjolkan pada kegiatan perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat, pungkasnya. Polri akan menggelar Operasi Lilin pada 22 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019, dalam rangka pengamanan Hari Raya Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Pengamanan dalam Operasi ini, salah satunya adalah mengurai kemacetan lalu lintas. 

Dalam melaksanakan operasi selalu mempertimbangkan karakteristik kerawanan daerah Kabupaten Melawi, maka akan terkonsen pada pengamanan aktivitas masyarakat, pengamanan kegiatan ibadah dan pengamanan tempat destinasi liburan atau tempat wisata. Melalui beberapa perwakilan Tokoh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Melawi, menyampaikan semuanya mendukung terlaksananya Operasi Lilin Kapuas 2018 dan terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Melawi. 

 Hadir juga dalam kegiatan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral tersebut Wakapolres Melawi Kompol Jajang, S. Kom, Dandim Nanga Pinoh Kapten Infanteri Kasa Supriadi, Lettu INF. M. Ansari Yonif 642/Kapuas, perwakilan Jasa Rahaja Pelaksana Fahrul Edwin, Kepala BPBD Syafarudin, M. Si, perwakilan Dishub Syamsul Arifin, Staf Teknik Kabupaten Melawi Yusuf Robert. K, perwakilan PLN Ardni Suma. N, perwakilan Dinkes Arif Santoso, Ketua DAD Kabupaten Melawi Sudarmono, Babinsa Koramil Nanga Pinoh Serda Indra Gunawan, Para Kabag, Kasat, Kasi dan Kapolsek Jajaran serta Personil Polres Melawi./d12k

Posting Komentar

0 Komentar